(+62-263) 263701 | mail@ppi04cjr.sch.id
27
NOV
2015

Program Karya Tulis Ilmiah

PPI04CJR – Sebagai salah satu syarat kelulusan tingkat Mu’allimien (MLN) di Pesantren Persatuan Islam 04 Cianjur, program Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan agenda wajib yang harus ditempuh para santri tingkat akhir (kelas 3 MLN – XII).

Program Karya Tulis Ilmiah ini merupakan bagian dari kurikulum pendidikan Persatuan Islam yang diterapkan diseluruh satuan pendidikan Mu’allimien atau setingkat SMA sebagai stimulus dalam menghadapi berbagai karya ilmiah yang akan dilaksanakan di tingkat lanjutan, yakni perkuliahan. Diharapkan para santri alumnus Pesantren Persatuan Islam (PPI) diseluruh Indonesia bisa menjalani proses pembuatan hingga persidangan karya tulis mereka dengan baik di waktu yang akan datang.

Begitu pula di PPI 04 Cianjur, seluruh santri kelas 3 MLN turut serta dalam pembuatan karya tulis ilmiah hasil buah fikir terhadap permasalahan terkini yang menyangkut dengan keumatan, sosial, dan kenegaraan dalam ruang lingkup akademis santri.

Proses pembuatan KTI ini biasanya dilakukan selama 1 bulan, dari mulai pembuatan, bimbingan, hingga sidang kartul (karya tulis). Setiap santri dibebaskan memilih satu permasalahan yang akan mereka pecahkan sendiri, atau bisa merevisi permasalahan yang telah dibahas menjadi satu ketetapan baru yang tidak bertolak belakang dengan syari’ah Islam. Setelah para santri mendapatkan satu permasalahan, para santri harus melakukan bimbingan kepada pembimbing yang terdiri dari asatidz yang telah ditetapkan oleh jenjang MLN. Adapun pembimbingnya adalah ust. Wildan Fauzi, S.Pd.I. dan ust. Irfan Hikmat Muslim, S.Pd.I.

Setelah para santri selesai dalam penyusunan KTI, mereka harus menyiapkan berbagai argumen dan dalil-dalil yang mendukung terhadap hasil akhir dari penelitian untuk dipertahankan dalam pengujian sidang di akhir periode. Setiap santri diuji mengenai, (1) kesesuaian judul dengan isi; (2) kesesuaian dalil dengan isi; (3) EYD; (4) kesesuaian materi dengan hasil akhir penelitian. Sebelumnya mereka harus mempresentasikan hasil penelitian mereka dalam bentuk power point untuk disampaikan kepada penguji selama kurang lebih 20 menit.

Alhamdulillah pada hari kamis, 14 Shafar 1436 H. bertepatan dengan 26 November 2015 M., para santri kelas 3 dengan jumlah santri sebanyak 39, telah melakukan proses sidang KTI yang dimulai sejak pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Proses sidang ini dibagi menjadi dua ruang penguji.

Ruang 1, terdiri dari:

  1. E. Khaeruman Ghazaly, S.Pd.I.;
  2. L. Sunarya, BA;
  3. Abdul Aziz, S.Pd.I.;
  4. Daelami Mukhtar, Lc. S.Pd.I.

Sedangkan ruang 2 adalah:

  1. Acep Zaenudin, S.Sos.;
  2. E. Sutoyo, BA.;
  3. Firman Nurdiansyah, M.Pd.;
  4. M. Saepurahman, MH.

Setelah persidangan ini, mereka harus siap melaksanakan ulangan akhir semester (UAS) ganjil. Tidak hanya santri kelas 3, tapi santri kelas 1 dan 2 pun harus mulai mempersiapkan diri menghadapi UAS tersebut. (RR)

Pesantren Persatuan Islam 04 Cianjur merupakan lembaga pendidikan berbasis Islam (Pesantren) dibawah naungan organisasi masyarakat islam Persatuan Islam (Persis) melalui Bidang Garapan (Bidgar) Tarbiyah PP Persis yang terletak di Jl. Dr. Muwardi no.171C, kabupaten Cianjur.

Tinggalkan balasan

*

captcha *